Cara Optimasi Windows 10 yang Perlu Kamu Tahu

Posted on

Cara Optimasi Windows 10 yang Perlu Kamu Tahu – memiliki perangkat laptop atau komputer memang membutuhkan perawatan. Jika tidak ada perawatan dari pemilik, bisa dipastikan komputer atau laptopmu akan memiliki beberapa permasalahan. Salah satu dasar perawatan adalah ketika kamu mengupgrade software yang ada di dalamnya. Termasuk mengupgrade software windows 10. Tidak jarang pengguna merasakan beberapa permasalahan seperti human error atau performa yang tidak maksimal. Lalau bagaimana cara optimasi windows 10 ?
Windows 10 merupakan software yang dilaporkan sering terjadi permasalahan. Itu sebabnya ada banyak cara optimasi windows 10 yang perlu kamu tahu. Tidak lain untuk membuatmu betah dalam beraktivitas dan mendukung kinerjamu menggunakan laptop. Cara optimasi windows 10 yang perlu kamu tahu akan kamu dapatkan pada ulasan dibawah ini :

6 Cara Optimasi Windows 10 yang Perlu Kamu Tahu

1. Mengupgrade Hardware
Sebelum kamu mengupgrade hardware dari perangkatmu, sebaiknya kamu mengetahui lebih dulu system requitmen. Jika selesai maka kamu bisa mencoba untuk upgrade hardware pada PC/Laptop kalaupun itu masih dibawah standard. Baik dari segi Processor, VGA, RAM, ataupun Hardisk. Untuk performa yang lebih top sebaiknya kamu memakai SDD.

2. Mematikan Background Apps
Cara optimasi windows 10 yang perlu kamu tahu selanjutnya adalah aplikasi yang berjalan dibelakang/backgroud lebih baik dimatikan. Sebab hal ini tentu memakan resource RAM, baik itu desktop apps ataupun Modern Apps. Jikalau untuk desktop apps, kamu bisa mematikannnya menggunakan task manager. Sementara kalau modern apps, matikan melalui halaman settings. Kamu bisa menghemat bandwith internet karena memang rata – rata apps windows 10 ini memakan bandwith secara diam – diam.

3. Matikan Visual Effect
Berikutnya, mematikan visual effect menjadi salah satu cara optimasi windows 10 yang perlu kamu tahu. Apalagi jika kamu lebih mementingan perfoma dibandingan tampilan Windows 10 yang interaktif, mematikan visual effect adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu, performa dari perangkatmu jauh lebih baik.

4. Non-aktifkan Aplikasi Startup yang Ada di Perangkat
Menonaktifkan aplikasi startup adalah cara optimasi windows 10 yang juga perlu kau tahu. Sebab ada beberapa aplikasi yang secara otomatis tetap berjalan ketika perangkat baru dinyalakan. Tentu hal ini bisa mempengaruhi kecepatan sistem PC atau laptopmu dalam melakukan booting. Apalagi jika aplikasi startup tidak begitu kamu perlukan.

5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan
Pilihan yang tepat jika kamu menguninstall aplikasi yang tidak seberapa penting kamu perlukan. Sebab. Cara ptimasi windows 10 yang satu ini juga tergolong efektif. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan untuk menghemat ruang hardisk atau mematikan service pada aplikasi tersebut. Terutama apabila kamu menggunakan perangkat PC/Laptop OEM. Biasanya banyak sekali software bawaan pabrik.

6. Menginstall Aplikasi yang Hemat Resource
Perlu kamu tahu bahwa banyak software yang bertebaran di internet dengan fungsi sama. Maka dari itu lebih baik kamu bisa memilih aplikasi yang hemat resource RAM. Misalnya seperti aplikasi yang memiki interface lebih sederhana. Cara optimasi windows 10 ini akan membantumu meningkatkan kinerja laptop.

Cara optimasi windows 10 yang perlu kamu tahu ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja laptop atau PC mu. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan dalam melakukan aktivitas yang membutuhkan perangkat tersebut. Ikuti langkah dan gunakan cara optimasi windows 10 ini untuk membantumu mengatasi permasalahan yang seringkali terjadi di laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *